• Saturday 1st of October 2022 07:43:55 AM
Cover Berita

PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2022

Dalam situasi penuh tantangan seperti ini, maka diperlukan pola kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia agar dapat saling memperkuat dalam meningkatkan daya saing, baik di tingkat nasional maupun global. Kerja sama tersebut menjadi sangat penting dan menjadi kunci peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Kerja sama pendidikan tersebut akan memberikan peluang bagi pendidikan tinggi nasional untuk saling meningkatkan mutu, memperluas akses, dan memperkuat jejaring antar perguran tinggi secara nasional. Kerja sama tersebut akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika khususnya mahasiswa sebagai generasi muda bangsa, meningkatkan sinergitas, efisiensi sumberdaya untuk pembelajaran dan riset, menumbuhkembangkan pusat keunggulan, meningkatkan standar mutu antar perguruan tinggi nasional, membangun kapasitas bersama untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan memperkuat peran perguruan tinggi sebagai perekat kebangsaan. Semua ini akan mendukung keberhasilan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang telah diamanatkan dalam undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Maka dengan ini kembali dibukan untuk para mahasiswa(i) pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2022 dengan kriteria dan ketentuan sebagai berikut:

A. Ketentuan Umum dan Persyaratan Peserta

Peserta adalah mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Mahasiswa aktif dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) pada semester 3 sampai dengan 8.

2. Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di seluruh Indonesia hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti dan memperoleh bantuan biaya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

3. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 2.75 dan/atau berprestasi sekurang-kurangnya di tingkat provinsi yang ditunjukkan dengan bukti yang resmi.

4. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif.

5. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim.

6. Bersedia mentaati seluruh ketentuan yang tertulis di dalam POB program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 

 

B. Pendaftaran/Seleksi

1. Calon peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka diwajibkan membaca dan memahami semua ketentuan dalam POB program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021 yang dapat diunduh melalui link berikut: (https://ipem.upr.ac.id/assets/images/file/MBKMMSIB/POB_Pertukaran_Mahasiswa_Merdeka.pdf ).

 

2. Calon peserta sangat dianjurkan mengikuti diseminasi informasi di tingkat perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

3. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka melalui sistem aplikasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Panduan alur pendaftaran dapat di download melalui link berikut :

(https://ipem.upr.ac.id/assets/images/file/MBKMMSIB/Panduan_Pendaftaran_Pmm_Mahasiswa.pdf )

4. Calon peserta mendaftarkan diri setelah mendapat persetujuan program studi di perguruan tinggi pengirim.

5. Peserta mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) yang memuat mata kuliah yang akan diikuti di perguruan tinggi penerima, perguruan tinggi mitra dan perguruan tinggi pengirim.

6. Sub pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka melakukan seleksi secara adil, transparan dan akuntabel sesuai dengan jumlah kuota yang dibutuhkan dan menetapkan peserta yang dinyatakan lulus seleksi.

7. Perguruan tinggi melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala tentang jalannya proses pendaftaran peserta.

C. PERSYARATAN PENDAFTARAN MAHASISWA

1. Mahasiswa aktif semester 3 - 7 di perguruan tinggi non vokasi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI;

2. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,75 dari skala 4. Untuk mahasiswa yang memiliki IPK di bawah 2,75 dapat melampirkan sertifikat prestasi resmi minimal tingkat provinsi;

3. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim;

4. Bukan mahasiswa peserta program PERMATA atau PERMATA SAKTI;

5. Memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti dan memperoleh bantuan biaya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka;

6. Bersedia mentaati seluruh ketentuan yang tertulis di dalam POB program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

 

TANGGAL PENTING PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA TAHUN 2021

12 Juni 2021 : Menuju Festival Kampus Merdeka - Pertukaran Mahasiswa Merdeka

15 Juni 2021 : Festival Kampus Merdeka

14−27 Juni 2021 : Pendaftaran mahasiswa

Akhir Juni/awal Juli 2021 : Pengisian Survei Kebinekaan

Minggu I-II Juli 2021 : Seleksi dan penetapan peserta

Minggu III Juli-II Agustus 2021 : Perguruan tinggi mempersiapkan keberangkatan dan penerimaan mahasiswa

Agustus 2021− Januari 2022 : Pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (disesuaikan dengan kalender akademik masing-masing perguruan tinggi)

Agustus 2021− Januari 2022 : Mahasiswa memberikan laporan perkembangan program

Februari-Maret 2022 : Pelaksanaan kegiatan tindak lanjut oleh mahasiswa (opsional)

ayo daftarkan dirimu jangan sampai ketinggalan dapatkan bantuan dana program untuk expand your experience to improve yourself. Jangan lupa baca dan pahami seluruh ketentuan dan step pendaftaran yang harus kamu pahami dan siapkan ya.

Bagi teman-teman Ilmu Pemerintahan yang ingin mendaftarkan diri mohon konfirmasi ke jurusan untuk didata dan join copy via link grup berikut :

short-url.upr.ac.id/GROUPWAPMM2022